Translate

TIK


 

A. fungsi dan proses kerja jaringan telekomunikasi


1.    Pengertian jaringan telekomunikasi
Jaringan telekomunikasi dapat diartikan sebagai rangkaian beberapa alat komunikasi yang letaknya saling berjauhan. Misalnya jaringan telepon dan internet.

2.       Jenis jaringan telekomunikasi
Secarah garis besar, jaringan telekomunikasi dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

a.       Jaringan wireline

Jaringan wireline merupakan jaringan yang menggunakan penguhubungan berupa kabel.  Misalnya, jaringan wireline untuk membuat jaringan computer local (LAN).
Jaringan wireline menggunakan beberapa jenis kabel, yaitu:
1)      Kabel koaksial (coaxial cable), kabel koaksial digolongkan menjadi dua jenis. Yang pertama, kabel koaksial tebal (thick coaxial cable) berdiameter 12 mm. selubung kabel berwarna kuning. Kabel ini biasa disebut pula standard Ethernet, thicknet (singkatan dari thick ethernet ), dan yellow cable. Yang kedua, kabel koaksial tipis berdiameter 5 mm, kabel ini diselubungi warna hitam atau gelap. Kabel ini biasa disebut sebagai thinnet karena lebih luntur dibandingkan thicknet.
2)      Serat obtik terdiri atas dua bagian utama yaitu, clodding yang mengelilingi bagian inti (core). Bagian selimut ini terbuat dari kaca yang berdiameter antara 5-250mm. kemudian core yang dilindungi dengan lapisan cladding, buffer coatin, material penguat, serta pelindung luar. Kabel ini memiliki kecepatan transfer data lebih dari 100 mbs. Data atau informasi dikirim melalui gelombang cahaya .
3)      Twisted pair Ethernet dapat diartikan sebagai pasangan kabel ethernet yang diatur berpilin. Kabel ini mulai dikembangkan pada tahun 1980-an. Secarah garis besar kabel ini dibagi menjadi dua jenis yaitu unishielded twisted pair (UTP) dan shielded twisted pair (STP).

b.      Jaringan wireless
Jaringan jenis ini menggunakan alat penghubung berupa gelombang radio, gelombang inframerah, serta gelombang mikro.
1)      Jaringan gelombang mikro dibagi menjadi 3 jenis. Pertama, gelombang UHF (ultra high frequency) yang frekuensinya berkisar antara 300 MHz hingga 3 GHz. Kedua, SHF (super high frequency) yang frekuensinya berkisar antara 3 GHz hingga 30 GHz. Ketiga EHF (extremely high frequency) yang frekuensinya berkisar antara 30 GHz hingga 300 GHz.
2)      Jaringan gelombang radio dibedakan menjadi tiga jenis. Pertama adalah gelombang yang bergerak lurus pada permukaan bumi. Kedua adalah gelombang yang bergerak dan memantul di antara bumi dan lapisan ionosfer. Ketiga adalah gelombang radio yang bergerak menyusuri permukaan bumi. Gelombang radio digunakan untuk siaran radio, jaringan komputer, internet, telepon seluler dan pager.
3)      Bluetooth biasa digunakan pada lingkup yang dekat, teknologi ini biasa digunakan sebagai sarana pertukaran data antartelepon seluler. Bluetooth dapat pula digunakan pula pada laptob, komputer, kamera digital, serta pengontrol video game.
4)      Jaringan gelombang inframerah (infrared) panjang gelombang ini berkisar antara 750 nanometer hingga 1 milimeter. Gelombang ini digunakan dalam bidang militer, astronomi, dan komunikasi tanpa kabel.


3.       Cara kerja jaringan telekomunikasi
a.       Cara kerja wireline
Terdapat 4 jenis jaringan kabel, yaitu LAN, MAN, WAN, dan internet, berikut cara kerja tiap- tiap jenis wireline:
1)      LAN (local area network) adalah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran. Komputer – komputer dihubungkan untuk membagi sumber sumber daya yang terdapat dalam kantor, sumber daya yang dimaksud misalnya printer. LAN memungkinkan beberapa komputer dalam suatu perusahaan menggunakan satu printer secara bersama- sama dan LAN juga memungkinkan komputer- komputer untuk saling berkomunikasi dan bertukar informasi.
2)      MAN (metropolitan area network) adalah jaringan LAN dalam versi lebih besar. MAN digunakan untuk menghubungkan sejumlah komputer yang terdapat pada beberapa kantor yang berdekatan letaknya. Hal ini dilakukan untuk berbagai data antara satu instansi dengan instansi lainnya. MAN mampu menunjang data dan suara bahkan dapat terhubung dengan jaringan televisi kabel.
3)      WAN (wide area network) adalah jaringan komputer yang mencakup area yang sangat luas. WAN dapat menghubungkan komputer- komputer yang terdapat dalam sebuah negara.
4)      Internet merupakan jaringan komputer yang mencakup seluruh dunia. Orang yang menggunakan internet berarti terhubung kesemua komputer di dunia yang terhubung ke internet.

b.      Cara kerja wireless
Wireless adalah jaringan komunikasi yang tidak menggunakan kabel. Wifi dan Bluetooth merupakan contoh jaringan wireless yang populer digunakan saat ini. Berikut cara kerja jaringan tersebut:
1)      Wifi (wireless fidelity) digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan. Wifi memungkinkan seseorang terhubung dengan internet dalam suatu titik akses (acces point) terdekat. Orang dapat mengakses internet dengan menggunakan personal digital assistant (PDA) atau notebook di kafe atau  kampus yang memiliki hotspot area.
2)      Bluetooth memerlukan 1 miliwatt untuk mengirim sinyal transmisi, Bluetooth 1.0 memiliki kecepatan transfer data sebesar 1 Mbps, sementara Bluetooth 2.0 bisa lebih dari 3Mbps. Jaringan ini berkomunikasi pada frekuensi 2,45 gigahertz. Bluetooth bisa berkoneksi dengan delapan alat secarah bersamaan. Pada Bluetooth, transmiter mengubah frekuensi 1.600 kali setiap detik.

c.       Satelit
Satelit berfungsi sebagai stasiun relai yang berada di angkasa dengan ketinggian kira- kira 480- 22.000 mil di atas permukaan bumi. Satelit ini mengitari bumi 24 jam. Sebagai akibatnya, seolah- olah satelit sebagai objek yang menetap di atas bumi. Satelit melalui piranti yang disebut sebagai transpoder, yang bertindak sebagai penerima, penguat, sekaligus pengirim. Transpoder akan menangkap isyarat yang berasal dari stasiun bumi pengirim dan kemudian memancarkannya kembali ke stasiun bumi penerima. Umumnya, satelit mempunyai sejumlah kanal dengan masing- masing kanal memiliki kapasitas untuk menangani lebih dari 1,544 Mbps.

d.      Cara kerja modem
Dalam kerjanya, modem melakukan proses modulasi dan demodulasi terhadap data yang dipancarkan. Modem menerima rangkaian pulsa biner dan periferal komputer. Kemudian modem memodulasi karakteristik sinyal analog (level tegangan, frekuensi, atau fase) agar dapat disalurkan melalui saluran telepon. Hal yang berbeda terjadi pada modem pihak penerima adalah modem akan melakukan demodulasi, sinyal yang diterima akan dipisahkan kembali sehingga dapat dibaca oleh komputer. Proses inilah yang disebut demodulasi. Kecepatan upstream merupakan kecepatan modem yang anda gunakan untuk menghubungi ISP (internet service provider). Sebaliknya kecepatan downstream menggambarkan kecepatan ISP menghubungi modem anda.

Komentar